Gejala Sakit Punggung

Sebagian besar nyeri punggung merupakan nyeri punggung sederhana atau sakit punggung, yaitu nyeri yang berkaitan dengan bagaimana tulang, ligamen dan otot punggung bekerja. Hal ini biasanya merupakan nyeri yang :

1. Terjadi sebagai akibat gerakan mengangkat, membungkuk atau mengejan

2. Rasa sakit terkadang hilang dan timbul dengan sendirinya

3. Paling sering terjadi pada punggung bagian bawah

4. Biasanya tidak menandakan kerusakan permanen apapun.

Beberapa nyeri punggung terkait dengan nyeri saraf. Nyeri ini sangat jarang dibandingkan nyeri punggung sederhana dan menyebabkan sekitar 5 % kasus nyeri punggung. Nyeri akar saraf biasanya disebabkan oleh kompresi (tekanan) pada pangkal saraf sumsum tulang belakang. Diskus yang mengalami herniasi (yang umumnya namun sebenarnya salah disebut diskus yang tergelincir) merupakan satu penyebab nyeri akar saraf.

Iskialgia (atau sciatica) yakni dimana saraf iskiadikus yang berda di sepanjang tungkai mengalami iritasi yang merupakan contoh nyeri akar saraf yang relatif sering terjadi.

Nyeri merupakan perasaan yang sangat subjektif dan tingkat keparahannya sangat dipengaruhi oleh pendapat pribadi dan keadaan saat nyeri tersebut terjadi.

Gejala sakit punggung adalah timbulmya rasa sakit di tulang belakang. Terlalu gemuk merupakan salah satu penyebab penyakit ini karena postur tubuh tidak sempurna mengakibatkan tulang punggung seperti tertekan. Sebaiknya penderita memeriksakan diri ke ahli ostiopati atau chiropractor (ahli tulang) yang dapat memperbaiki letak tulang belakang. Selain oleh kegemukan, sakit punggung juga bisa dipicu oleh lumbago (sakit pinggang), sembelit, gangguan pada tulang belakang dan sendi terhimpit.

Gejala-gejala nyeri punggung dapat sangat bervariasi dari satu orang ke orang yang lain. Gejala tersebut meliputi :

- Sakit
- Kekakuan
- Rasa baal (mati rasa)
- Kelemahan
- Rasa kesemutan (seperti ditusuk peniti dan jarum)

Batuk atau bersin seringkali dapat memperberat nyeri punggung dengan menyebabkan spasme (kontraksi) otot punggung yang terasa sangat nyeri. Nyeri tersebut dapat berawal pada punggung. Namun nyeri dapat menjalar kemana pun. Nyeri seringkali menjalar ke bokong, namun juga dapat menjalar turun ke tungkai dan bahkan ke kaki.

Bila nyeri bertambah berat atau berlangsung dalam waktu yang lama, maka dapat mengalami :

- Kesulitan buang air kecil
- Kesulitan tidur
- Masalah seksual
- Depresi


=====================================

>>> Propolis Melia Nature Untuk Mengatasi Sakit Punggung dan Penyakit Lainnya, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Obat Sakit Punggung and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>